Sabtu, 18 / November / 2017
Merevitalisasi Semangat Kepahlawanan

Minggu, 12 November 2017 - 16:56:55 WIB
KALAU setiap tahun tiap tanggal 10 November kita memeringati Hari Pahlawan, sudah barang tentu kita tidak hanya memetik sisi kulit luarnya saja dari sebuah peristiwa heroik perjalanan Indonesia sebagai bangsa merdeka dan berdaulat untuk lepas dari penjajahan bangsa asing.

Sejarah, seperti dikatakan Proklamator Bung Karno, tempat kita mengambil pelajaran berharga, untuk kemudian dijadikan ikhtibar buat menapaki langkah ke depan. Bangsa yang besar, menurut almarhum Bung Karno lagi, adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.

Indonesia sebuah bangsa yang merdeka dan berdaulat, memang tidak lahir dan ada dengan sendirinya. Melainkan melalui rangkaian perjuangan panjang untuk menegakkannya, dengan aktor utama adalah para pahlawan di berbagai bidang pengabdian. Tidak terhitung banyak pengorbanan --jiwa dan harta benda-- untuk mendirikan Indonesia sebagai sebuah bangsa.

Peristiwa yang melahirkan Hari Pahlawan memang sudah berlangsung dalam hitungan puluhan tahun. Kalau peristiwa itu kita kenang tiap tahun, antara lain melalui upacara bendera dan serangkaian kegiatan lainnya, bukan berarti kita hendak larut dalam kenangan masa lalu.

Yang hendak kita petik dari peristiwa itu adalah "roh"-nya, untuk kemudian disingkronkan dengan kondisi kekinian bangsa kita. Kalau para pejuang pada masanya memanggul senapan untuk mengusir kaum kolonial, barangkali semangat kepahlawanan yang diperlukan saat ini tidaklah demikian halnya.

Dalam konteks kasus Provinsi Riau, semangat kepahlawanan yang dituntut saat ini antara lain bagaimana semua elemen masyarakat memiliki tanggung jawab moral yang besar untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan daerah, tentu saja sesuai dengan bidang pengabdian dan kompetensi masing-masing individu. Menyerahkan saja urusan pembangunan daerah pada pemerintah, sepertinya bukan sebuah sikap yang bijak.

Sama dengan semua provinsi lainnya di Indonesia, Riau memang tengah sibuk berbenah, dengan tujuan memajukan daerah dan upaya untuk menciptakan kesejahteraan bagi seluruh anggota masyarakatnya. Tapi teramat teramat terbatas dana dan sumber daya yang ada untuk mengejar tujuan dimaksud. Dalam konteks persoalan seperti inilah, antara lain, partisipasi semua elemen masyarakat diharapkan akan memberi nilai tambah berarti.

Peran serta kalangan generasi muda tentu saja diharapkan dengan porsi yang lebih besar lagi, karena kita tahu kalangan anak muda di mana pun mereka berada punya semangat tidak mau kalah dengan kelompok masyarakat lainnya-- tentu saja dalam pengertian yang positif. Yang paling diharapkan dari kelompok ini dalam konteks kasus Provinsi Riau adalah semangat kewirausahaan yang tinggi, dengan meninggalkan mental "suka menjadi anak buah orang."

Riau, sebagaimana yang kita ketahui, memiliki begitu banyak potensi sumber daya alam (SDA), baik di darat maupun di laut. Sebagian besar di antara potensi SDA yang ada itu belum terkelola dengan maksimal. Sangat ditunggu keterjunan langsung kalangan anak muda Riau untuk mengelola potensi yang ada. Pemerintah Provinsi Riau menyatakan siap memfasilitasi semua keinginan anak muda Riau untuk berkiprah buat mengelola potensi yang ada.

Pemerintah Provinsi Riau juga sudah memiliki sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) untuk memback-up keinginan semua anak negeri buat kerkiprah sesuai bakat dan keinginan mereka masing-masing. Sejumlah regulasi juga sudah sejak lama dipersiapkan untuk itu.

Persoalannya tinggal lagi, sejauh mana keinginan anak muda Riau buat berkiprah sebagai wirausahawan di berbagai bidang usaha dengan memanfaatkan semua potensi yang dimiliki oleh daerah ini, dan meninggalkan mental untuk menjadi "orang gajian" -- yang dalam banyak hal tidak nyaman untuk melakoninya.

Berbekal semangat kepahlawanan yang diwarisi oleh para pejuang bangsa, sepertinya langkah ke arah sana memang sudah harus ditapaki. Kalau tidak dari sekarang, kapan lagi?***

 
Minggu, 12 November 2017 - 16:56:55 WIB
Merevitalisasi Semangat Kepahlawanan
Jumat, 27 Oktober 2017 - 07:41:24 WIB
Pemuda Riau, Tetaplah Tampil sebagai Pelopor
Minggu, 10 September 2017 - 15:02:32 WIB
Selamat Kembali Jamaah Haji Riau
Selasa, 29 Agustus 2017 - 18:08:16 WIB
Semoga JCH Riau Dapat Haji Mabrur
Senin, 07 Agustus 2017 - 14:17:15 WIB
Tahniah Provinsi Riau, Makin Optimis di Usia ke-60
Senin, 31 Juli 2017 - 08:41:56 WIB
Provinsi Riau Berintegritas
Senin, 24 Juli 2017 - 08:32:26 WIB
Berharap Multiplier Effect dari Iven Nasional
Senin, 17 Juli 2017 - 07:48:59 WIB
Tol Jadi, Riau Terkoneksi
Selasa, 27 Juni 2017 - 11:57:19 WIB
Pilkada dan Upaya Kita Menjaga Trend Positif Ekonomi Riau
Senin, 19 Juni 2017 - 16:34:06 WIB
Pariwisata Riau Terus Bertumbuh
Senin, 05 Juni 2017 - 14:17:19 WIB
Integritas
Sabtu, 27 Mei 2017 - 11:16:42 WIB
Aman dan Nyaman Selama Ramadhan
Index