Sabtu, 18 / November / 2017
Selamat Kembali Jamaah Haji Riau

Minggu, 10 September 2017 - 15:02:32 WIB
MULAI hari ini, Ahad (10/9/2017), secara bergelombang sampai 3 Oktober 2017, dijadwalkan sebanyak 5.000 lebih jamaah haji asal Provinsi Riau akan kembali berada di daerah ini setelah selama lebih kurang 40 hari melakukan perjalanan spiritual yang sarat dengan muatan ibadah dan penghambaan diri kepada Allah SWT, yaitu ibadah haji.

Oleh karena panggilan Allah SWT, jumlah jamaah haji yang kembali lagi berkumpul dengan keluarganya tidak sebanyak ketika keberangkatan dulu, karena beberapa di antaranya meninggal dunia di Tanah Suci, dan dimakamkan di tanah kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW itu.

Saya menyampaikan ucapan duka cita yang sedalam-dalamnya kepada keluarga jamaah haji Riau yang wafat di Tanah Suci, baik di Madinah atau pun Mekkah. Semoga arwah para jamaah yang meninggal dunia di Tanah Suci itu diterima di sisi Allah SWT dan ditempatkan di tempat yang layak, sebagaimana yang telah dijanjikan. Sementara bagi keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan dalam menerima cobaan ini.

Bagi para jamaah asal Provinsi Riau, yang sudah resmi menyandang status sebagai haji atau hajjah, yang hari ini sudah kembali berada bersama-sama dengan kita, saya ucapkan selamat datang. Setelah beberapa hari tidak melihat 'wajah' Riau, dan saat ini kembali menghirup udara provinsi yang sama-sama kita cintai itu, tentu sudah menggumpal perasaan rindu di dalam dada-- rindu pada suami atau isteri, pada anak-anak, pada famili dan kerabat, dan rindu pada tanah kelahiran, Provinsi Riau.

Tidak kalah pula sebenarnya rindu kami terhadap para jamaah yang, karena untuk kepentingan ibadah, terpaksa meninggalkan kami. Tiap saat kami menghitung waktu, membilang masa, menunggu saat para jamaah kembali bersama kami dengan status yang mulia di sisi Allah SWT, yaitu haji dan hajjah.

Hari ini semua rasa rindu, baik yang kami rasakan atau yang dialami oleh para jamaah, sudah terbayarkan. Maha Besar Allah SWT yang kembali mempertemukan kita dalam keadaan suka-cita, dan di bawah limpahan rahmat dan karunia dari Sang Pencipta. Bagi yang tidak bisa kembali karena meninggal dunia dan dimakamkan di Tanah Suci, doa kami akan selalu menemani perjalanan mereka ke keabadian.

Tidak semua umat muslim yang diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk melakukan perjalanan spiritual ke Tanah Suci. Para Bapak dan Ibu yang baru kembali hari ini usai menjalani ibadah haji, merupakan "orang-orang terpilih." Orang-orang yang "diutus" langsung oleh Allah SWT untuk melihat tempat di mana lahirnya agama yang sama-sama kita anut, yaitu Islam.

Perjalanan spiritual selama beberapa hari mendatangi Baitullah di Semanjung Arab sana tentu saja telah memberi pengayaan batin yang dalam bagi para Bapak dan Ibu yang baru usai menjalaninya. Diniscayakan cukup banyak pengalaman yang ditimba di sana, yang bisa didedikasikan untuk kepentingan diri pribadi, keluarga, maupun kepentingan daerah, Provinsi Riau.

Sebagai orang yang diberi amanah untuk memimpin Provinsi Riau, harapan saya --dan juga harapan semua anggota masyarakat kita di sini-- status haji dan hajjah yang telah Bapak dan Ibu sandang diharapkan memberi nilai tambah berarti bagi kepentingan daerah umumnya, dan untuk kemaslahatan umat Islam di daerah ini secara lebih khusus.

Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah) Provinsi Riau, yang telah melakukan pemanduan secara bersungguh-sungguh sehingga semua jamaah mampu melakukan syarat-syarat dan rukun haji yang telah digariskan. Semoga Allah SWT membalas jasa para Bapak dan Ibu yang termasuk dalam TPHD Provinsi Riau dengan pahala yang berlipat ganda. Amin ya robbal alamin.***



 
Minggu, 12 November 2017 - 16:56:55 WIB
Merevitalisasi Semangat Kepahlawanan
Jumat, 27 Oktober 2017 - 07:41:24 WIB
Pemuda Riau, Tetaplah Tampil sebagai Pelopor
Minggu, 10 September 2017 - 15:02:32 WIB
Selamat Kembali Jamaah Haji Riau
Selasa, 29 Agustus 2017 - 18:08:16 WIB
Semoga JCH Riau Dapat Haji Mabrur
Senin, 07 Agustus 2017 - 14:17:15 WIB
Tahniah Provinsi Riau, Makin Optimis di Usia ke-60
Senin, 31 Juli 2017 - 08:41:56 WIB
Provinsi Riau Berintegritas
Senin, 24 Juli 2017 - 08:32:26 WIB
Berharap Multiplier Effect dari Iven Nasional
Senin, 17 Juli 2017 - 07:48:59 WIB
Tol Jadi, Riau Terkoneksi
Selasa, 27 Juni 2017 - 11:57:19 WIB
Pilkada dan Upaya Kita Menjaga Trend Positif Ekonomi Riau
Senin, 19 Juni 2017 - 16:34:06 WIB
Pariwisata Riau Terus Bertumbuh
Senin, 05 Juni 2017 - 14:17:19 WIB
Integritas
Sabtu, 27 Mei 2017 - 11:16:42 WIB
Aman dan Nyaman Selama Ramadhan
Index