Kamis, 09 Februari 2012 - 21:47:13 WIB
Inspektorat Kontrol Penggunaan Bansos dan Dana Hibah
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Riau - Dibaca: 142 kali


Bengkalis (Riausatu):Untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan keuangan negara oleh organisasi non pemerintah (ornop), Inspektorat Bengkalis turun langsung mengecek ke lapangan keberadaan organisasi-organisasi tersebut. Ornop tersebut umumnya mendapatkan dana melalui APBD Bengkalis dalam bentuk bantuan sosial (bansos) dan sistem hibah.

Kepala Inspektorat Kabupaten Bengkalis, H Mukhlis ditemui, Kamis (9/2) memembenarkan bahwa pihaknya akan mengecek keberadaan organisasi-organisasi yang mendapat dana Bansos serta hibah. Pengecekan akan dilakukan mulai dari tempat domisili organisasi hingga kegiatan yang dilaksanakan.

“Bansos ataupun dana hibah yang dialokasikan melalui APBD Bengkalis harus dipertanggungjawabkan penerimanya. Untuk itu kita akan memeriksa langsung keberadaan organisasi non pemerintah itu ke lapangan, mulai dari tempat domisili atau kantor mereka serta bentuk kegiatan yang dilaksanakan,” tegas  Mukhlis.

Penanggungjawab penerima Bansos dan hibah itu, ujarnya, terdiri dari LSM, Yayasan, organisasi sosial kemasyarakatan, keagamaan, kepemudaan dan organisasi profesi. Pihak penerima yakni Ornop bersangkutan mendapatkan bantuan melalui APBD untuk kegiatan organisasi mereka, bukan untuk keperluan pribadi. Sekiranya terjadi kesalahan di lapangan tentu ada konsekwensi yang harus diterima Ornop bersangkutan.

Ditanya apa konsekwensi terhadap Ornop yang menerima bantuan APBD itu apabila ada kesalahan penggunaan, Mukhlis menyebut pihak penerima harus mengembalikan dana yang diambil untuk dikemabalikan ke kas daerah. Juga apabila kegiatan yang dilaksanakan tidak sesuai dengan anggaran yang digelontorkan mereka juga harus mengembalikan sisa dana tersebut.

“Kalau menggunakan uang negara tentu ada pertanggungjawabannya secara adminstrasi. Kita sudah turunkan staf ke lapangan memeriksa langsung organisasi penerima bansos dan hibah, dan sejauh ini tim masih bekerja di lapangan,” tukas Mukhlis. (dafal)  



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)