Kamis, 21 Maret 2013 - 23:03:04 WIB
Kelok 9, Alternatif Baru Warga Riau Berwisata
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Riau - Dibaca: 251 kali


PEKANBARU, RIAUSATU.com - Warga Provinsi Riau bisa keluar dari kejenuhan kesibukan rutin harian dengan mendatangi objek wisata baru di Sumatera Barat. Jalan Layang Kelok Sembilan yang berlokasi di Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, merupakan salah satu objek wisata baru yang menjanjikan banyak pesona wisata.

Hanya berjarak tempuh sekitar 160 km dari arah Pekanbaru menuju Padang (ibukota Provinsi Sumatera Barat), para penikmat wisata di Riau bisa melihat dan merasakan berbagai pesona wisata Kelok Sembilan yang hampir tidak pernah bisa dilihat di tempat lain. Karena berada di dalam kawasan suaka margasatwa, satu hal yang hampir bisa dipastikan di kawasan itu adalah iklimnya yang relatif sejuk.

Kalau hari-hari ketika berada di Riau dihadapkan dengan suhu udara yang tinggi, yang rata-rata sebagian orang tidak kuat bila tidak dibantu dengan kipas angin atau AC (air conditioner); maka alam kawasan Kelok Sembilan justru menyajikan sebaliknya: udara lepas dengan balutan suhu yang dingin. Bahkan pada sore hari saja sudah banyak yang memakai jaket bila melewati kawasan itu.

Juga karena berada di dalam kawasan marga suaka satwa, maka bila melewati kawasan ini akan didengar kemerduan suara berbagai jenis satwa yang sahut-bersahut dari rimba belantara yang mengepung jalan layang tersebut. Selain aneka burung dan monyet, sejumlah jenis binatang lainnya juga tampak bebas berkeliaran untuk ikut menikmati keindahan alam di kawasan itu. 

Tapi, di antara sekian pesona wisata yang disajikan kawasan Kelok Sembilan, yang paling menakjubkan tentu saja jalan layang (fly over), yang saat sekarang masih dalam tahap pengerjaan secara fisik. Inilah agaknya satu-satunya jalan layang di Pulau Sumatera yang ditopang dengan sejumlah tiang penyangga yang berdiri tinggi, yang tertancap kokoh di beberapa titik.

Beberapa waktu yang lalu, tahap pertama pengerjaan jalan layang itu sudah selesai dikerjakan, dan saat ini tim pekerja yang merupakan konsorsium sejumlah perusahaan jasa konstruksi terkemuka di Indonesia sedang melakukan pengerjaan jembatan layang tahap kedua. Selain membangun jembatan layang, jalan-jalan penyangga di bawah jembatan juga ditingkatkan kelasnya.

Karena pengerjaan jembatan layang tahap pertama sudah selesai dilaksanakan, bahkan baru saja dilakukan pemasangan lampu jalan, maka beberapa waktu lalu pihak pengelola mempersilahkan para pemakai jasa jalan untuk memanfaatkan jalan layang itu sebagai sarana berlalu-lintas. Maka tak pelak lagi kesempatan itu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para pengguna jalan.

Yang dirasakan memang sebuah pemandangan yang menakjubkan. Melintasi jalan layang Kelok Sembilan dengan lebar jalan yang lumayan luas, maka bila pandangan dilayangkan ke bawah akan tampak sejumlah ruas jalan seperti ulat yang sedang merayap. Sementara di sisi kiri-kanan jalan dapat dilihat hamparan hutan hijau yang masih perawan yang berisi aneka satwa yang dilindungi.

“Kalau hendak menikmati jalan layang, tidak perlu jauh-jauh lagi datang ke Pulau Jawa,” ujar Reno, 37, warga Rengat, Indragiri Hulu, yang sengaja memanfaatkan libur akhir pekannya dengan mengunjungi Kelok Sembilan. Bahkan, tambah bapak dari tiga anak ini, bangunan jembatan layang Kelok Sembilan jauh mengalahkan sejumlah bangunan jembatan layang yang ada di Pulau Jawa. 

Tak Rusak Ekosistem
Pem¬bangunan fly over atau jembatan layang Kelok Sembilan dengan cara mene¬bang pohon-pohon kayu, mengeruk lereng bukit, dan meledakkan beba¬tuan, diklaim Balai Konservasi Sum¬ber Daya Alam (BKSDA) Sum¬bar, ti¬dak akan menghilangkan nilai seja¬rah ataupun merusak ekosistem alam. 

”Pembangunan jalan layang Kelok Sembilan ini tidak akan meng¬hilangkan nilai sejarah masyarakat Sumbar dan keasrian alamnya akan tetap terjaga,” kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar Sahdin Zunaidi dalam sebuah kegiatan sosilisasi di Limapuluh Kota, belum lama ini.

Sementara Kepala Disprasjal  Sumatera Barat Suprapto menyebut, jembatan layang Kelok Sembilan merupakan karya anak bangsa. Putra-putra terbaik daerah ini pun menuangkan ide cemerlangnya dalam merancang konstruksi dan kualitas jembatan layang ini. Tak ada ‘campur tangan asing’ dalam pembangunan proyek yang menghabiskan biaya sebesar Rp 540,5 miliar tersebut.

”Pekerjaan fisik pembangunan proyek Kelok Sembilan  baru selesai tahap I dan  menelan ang-garan senilai Rp350 miliar. Se¬dangkan pengerjaan tahap II sedang berjalan, diharapkan dapat dires¬mikan 2013.  Sejak 15 Agustus lalu kelok sembilan tahap I sudah dapat dimanfaatkan untuk mengurai ke¬macetan arus mudik dan balik Idul Fitri 1433 Hijriah di jalur tersebut,” kata Suprapto.

Secara teknis, Sahdin Zunaidi menyebut, jalan layang Kelok Sem¬bilan sudah aman dilintasi pengen¬dara. Rambu-rambu lalu  lintas untuk keselamatan pengendara, telah dipa¬sang di sejumlah  titik. Megaproyek terbesar di Sumbar ini dikerjakan oleh tiga kontraktor raksasa, yakni PT Waskita Karya, Adhi Karya dan Huta¬ma Joint Operation (WAH Jo). ”Ketiga perusa¬haan  ini sudah berta¬raf inter¬na¬¬sional dan sudah mem¬perlihatkan kinerja yang profesional,” ujar Sahdin.

Ia mengatakan, sebelum jembatan layang dikerjakan, banyak pihak beranggapan pembangunan jalan dan jembatan Kelok Sembilan akan menghilangkan nilai sejarah yang menjadi kebanggaan Sumbar. Pada hal sebetulnya pembangunan jalan kelok Sembilan ini tidak akan menghilangkan nilai sejarah (history) masyarakat Sumbar dan keasrian alamnya akan tetap terjaga. (e2)



7 Komentar :

Obat Kista
22 Maret 2013 - 07:24:10 WIB

Terimakasih atas informasinya
Obat Tipes
22 Maret 2013 - 07:44:13 WIB

terimakasih atas informasinya
Obat Maag Kronis
22 Maret 2013 - 07:57:55 WIB

terimakasih atas informasinya
Obat Maag Kronis
22 Maret 2013 - 07:57:58 WIB

terimakasih atas informasinya
obat tipes herbal
22 Maret 2013 - 08:12:35 WIB

terimakasih atas informasinya
agen resmi jelly gamat gold g
22 Maret 2013 - 08:29:47 WIB

terimakasih atas informasinya
obat stroke
22 Maret 2013 - 12:05:39 WIB


ikut berkunjung webnya sangat menarik dan kreatif sangat
kreatifmonifasi baru ubtuk saya
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)