JAKARTA, RIAUSATU.COM-Mudik ke kampung halaman jelang hari raya Idul Fitri menjadi rutinitas tahunan banyak orang. Tak sedikit pemudik yang memanfaatkan kendaraan pribadi untuk menuju kampung halaman. Jika ingin pu"> JAKARTA, RIAUSATU.COM-Mudik ke kampung halaman jelang hari raya Idul Fitri menjadi rutinitas tahunan banyak orang. Tak sedik" />
Jum'at, 17 / 08 / 2018
Mudik Pakai Mobil Pribadi Jangan Sampai Mesin Kepanasan

| OTOMOTIF
Jumat, 01 Juni 2018 - 16:37:08 WIB
JAKARTA, RIAUSATU.COM-Mudik ke kampung halaman jelang hari raya Idul Fitri menjadi rutinitas tahunan banyak orang. Tak sedikit pemudik yang memanfaatkan kendaraan pribadi untuk menuju kampung halaman. Jika ingin pulang kampung menggunakan mobil pribadi, perhatikan komponen vital di setiap mobil.

Hal sepele yang mungkin tak diacuhkan oleh sebagian pemilik mobil adalah penyebab temperatur mesin. Mesin yang mengalami temperatur tinggi atau overheat bisa menyebabkan masalah serius. Pada kondisi ini, suhu mesin kendaraan sangat panas akibat suhu pembakaran tidak didinginkan secara optimal. Hal ini bisa mengakibatkan rusaknya komponen pada mesin kendaraan.

Kalau sudah overheat, mesin bisa mati total karena tidak berfungsinya sebagian komponen mesin. Misalnya piston yang terkunci atau klep yang bengkok akibat pemuaian.

Departement Manager Denso Sales Indonesia, Reinard Winardi, mengungkap terdapat beberapa hal sepele yang sering diabaikan namun bisa menjadi penyebab engine overheat. Untuk itu, pemilik mobil sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut sebelum berangkat mudik agar mobil tidak mengalami overheat.

Penyebab mesin overheat sepele yang pertama biasanya karena motor fan mati. Untuk mendinginkan radiator, dibutuhkan sirkulasi udara yang dihasilkan oleh motor fan. Jika motor fan mati, maka tidak ada aliran udara yang mendinginkan coolant pada radiator. Sehingga suhu mesin akan tetap panas karena coolant tidak dapat mendinginkan mesin. Akibatnya, temperatur di ruang bakar mesin tetap panas dan dapat mengakibatkan overheat pada mesin.

Yang kedua, tutup radiator/radiator cap rusak atau tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Biasanya tutup radiator rusak karena usia pakai. Sebab, salah satu komponen dari tutup radiator menggunakan bahan dasar karet sehingga mudah getas terkena panas coolant.

Untuk menghindari overheat, tutup radiator harus sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Jika tidak sesuai, maka valve di cap radiator tidak akan terbuka ketika tekanan radiator tinggi yang diakibatkan suhu mesin yang panas. Hal ini bisa menyebabkan engine overheat karena sirkulasi coolant tidak bekerja maksimal.

Masalah ketiga, sebagaimana dilansir detikoto, disebabkan radiator bocor. Biasanya radiator bocor karena korosi pada kisi-kisi radiator. Ini dikarenakan radiator diisi oleh air selain cairan radiator (coolant). Kandungan oksigen dalam air bertemu dengan logam dan terjadilah reaksi kimia yang mengakibatkan korosi. Karena korosi tersebut, radiator yang berbahan logam akan terkikis dan menyebabkan kebocoran. Pada kebocoran ini, coolant menjadi terbuang sehingga tidak cukup untuk mendinginkan suhu mesin kendaraan. Kalau coolant tidak mendinginkan mesin dalam waktu yang lama, artinya mesin dalam keadaan yang panas, maka bisa terjadi overheat.

Kondisi keempat yang menyebabkan mesin kepanasan adalah karena air radiator atau coolant habis. Coolant bisa habis karena penguapan akibat suhu mesin yang panas. Atau, terdapat kebocoran pada sistem sirkulasi radiator. Hal ini dapat menyebabkan sistem sirkulasi di radiator tidak bekerja optimal. Jika air radiator menjadi sedikit, bahkan habis, maka suhu di mesin tidak dapat didinginkan. Lalu, yang terjadi adalah percepatan engine overheat.

''Sebagai pengendara, kita wajib melakukan pengecekan dan perawatan kendaraan secara berkala. Jangan tunggu kendaraan rusak baru datang ke bengkel. Lakukan preventive action untuk mengurangi risiko kerusakan saat di perjalanan,'' kata Reinard. (dri)

DIBACA : 178 KLIK

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 081371554444 atau Email: redaksi.riausatu@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.

 
Minggu, 22 November 2015 - 12:38:32 WIB
Memalukan! Massa HMI Makassar Makan Tak Bayar Malah Main Ancam di RM Umega
Sabtu, 16 Juli 2016 - 17:06:21 WIB
Suku Bunga Lebih Murah, BRI Tawarkan Program BRIguna untuk PNS
Minggu, 11 Oktober 2015 - 12:26:15 WIB
Wuuih, Germo DN Pamer Cewek Cantik dan Seksi di Media Sosial
Minggu, 13 September 2015 - 20:27:52 WIB
Malang Nian Nasib Warga Pekanbaru
Gawat! Saat Bencana Asap, Besok PLN Matikan Lampu
Jumat, 28 Agustus 2015 - 21:21:45 WIB
Protes Enam Tersangka Lain Bebas Berkeliaran
Korupsi Dana Bansos Bengkalis, Jamal Minta Polisi Tahan Herliyan Saleh Dkk
Minggu, 17 Januari 2016 - 21:57:49 WIB
Juga Gratiskan BBNKB
Pemprov Riau Rencanakan Hapus Denda Pajak Kendaraan Bermotor
Minggu, 20 Maret 2016 - 16:08:36 WIB
Harga Gambir Melonjak 2 Kali Lipat Lebih, Petani Sumringah
Kamis, 06 Agustus 2015 - 20:41:49 WIB
Selama jadi Bupati Inhu, Yopi Arianto Sering Bermasalah dengan Hukum
Senin, 01 Februari 2016 - 08:42:09 WIB
Ssstt... Ini Dia Foto Pesta Bawah Tanah Gila-gilaan Pangeran Arab
Sabtu, 10 Oktober 2015 - 14:47:08 WIB
Kisah 'Anak-anak Asuh' Germo DN yang Bergelimang Kemewahan
Kamis, 30 Juli 2015 - 16:43:26 WIB
Biadab! Gara-gara Berita soal Moral, Bupati Inhu Tampar Wartawan Senior
Jumat, 09 Oktober 2015 - 21:29:07 WIB
Jokowi ke Kampar, Aksi ''Tangkap Jefry Noer'' Ricuh, Pendemo Pingsan Dipukuli
Selasa, 04 Agustus 2015 - 12:10:29 WIB
Ini Sosok Sopir Gojek Cantik yang Hebohkan Netizen
Minggu, 25 Oktober 2015 - 19:21:28 WIB
Tabrakan Beruntun di Jalan Dumai-Duri, 3 Tewas di Tempat
Jumat, 16 Oktober 2015 - 15:55:17 WIB
Perkantoran Tenayan Raya; Merangkai Pemerataan di Negeri Kota Bertuah
Index

Konten SPORT | POLITIK | HUKRIM | OTONOMI | NASIONAL | PERISTIWA | IPTEK | EKONOMI | OTOMOTIF | JENDELA | ADVERTORIAL | ROHIL | INHIL |
RIAU | DPRD PROV. RIAU
Management TENTANG KAMI | REDAKSI | PEDOMAN MEDIA SIBER | INFO IKLAN | DISCLAIMER | INDEX
Copyright © 2014 RiauSatu.Com, All Rights Reserved