Perpustakaan Nasional diharapkan tidak saja dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tetapi juga dapat menjadi daya ungkit bagi ekonomi  masyarakat."> Perpustakaan Nasional diharapkan tidak saja dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tetapi juga dapat menjadi daya ungkit " />
Selasa, 11 / Desember / 2018
Menteri PPN Akan Buka Seminar Nasional Literasi Pembangunan Sosial Ekonomi

| NASIONAL
Rabu, 21 Februari 2018 - 01:01:56 WIB
JAKARTA,RIAUSATU.COM-Perpustakaan Nasional diharapkan tidak saja dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tetapi juga dapat menjadi daya ungkit bagi ekonomi masyarakat.

Direktur Pendidikan Tinggi IPTEK dan Kebudayaan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Amich Alhumami MA MEd PhD menyebutkan, untuk itulah, Bappenas dan Perpustakaan nasional mengadakan pengembangan program perpustakaan yang inklusi.

Jelang Seminar Literasi Nasional yang akan diselengarakan pada 27 Februari 2018,
lebih lanjut Amih menjelaskan tentang maksud dan tujuan dari seminar nasional tersebut, bahwa literasi dapat memberikan cara berfikir baru bagi siapa saja, sehingga perlu ditumbuhkan terus-menerus agar sumber bacaan yang ada di perpustakaan di seluruh Indonesia sampai ke pelosok dapat menjadi tempat-tempat untuk pengembangan diri sekaligus ekonomi.

Dikatakan Amich, bahwa dalam hal ini literasi dimaknai melampui pengertian konvensionalnya, lebih dari sekedar kemampuan membaca dan menulis semata. Literasi dimaknai sebagai bentuk kecerdasan kognitif, buah dari proses pendidikan yang panjang, termanifestasi pada kemampuan memahami, mercerna, dan menganalis suatu teks dan konsep, kemudian diterjemahkan ke tindakan praktis untuk mengatasi persoalan, meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan.

"Perpustakaan, taman bacaan, dan pendidikan tinggi harus mulai mengubah paradigma literasi keberaksaraan ini menuju paradigma literasi yang memberdayakan masyarakat," pungkasnya.

Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando, menyampaikan bahwa untuk mewujudkan literate society dan meningkatkan peran literasi untuk kesejahteraan, perpustakaan melakukan transformasi pelayanan perpustakaan berbasis inklusi sosial.

"Transformasi pelayanan perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan suatu pendekatan pelayanan perpustakaan yang berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat pengguna perpustakaan," ungkap Syarif.

Sementara itu, Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab, menambahkan bahwa pada dasarnya semua manusia cerdas dan kecerdasan diperoleh dengan membaca. Tidak hanya mencerdaskan, membaca juga membantu kita memahami diri sendiri, orang lain, dan lingkungan serta alam semesta.

Berdasarkan latar belakang tersebut, Kedeputian Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI dan Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) menyelenggarakan Seminar Nasional Literasi dan Pembangunan Sosial-Ekonomi pada Selasa, 27 Februari 2018, di Ruang Djunaedi Hadisumarto (DH) 1-5, Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta.

Seminar Nasional ini akan dibuka oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas yakni Bambang PS Brodjonegoro, dan Kepala Perpustakaan Nasional RI yakni Muhammad Syarif Bando, dengan menghadirkan pembicara antara lain Najwa Shihab (Duta Baca Indonesia), Nirwan A Arsuka (Gerakan Pustaka Bergerak), Erlyn Sulistyaningsih (Direktur Program PerpuSeru-CCFI), dan Amich Alhumami (Direktur Pendidikan Tinggi, Iptek, dan Kebudayaan, Bappenas) dan dipandu oleh Retno Pinasti.

Untuk membahas Tema Literasi dan Pembangunan Sosial-Ekonomi, para narasumber akan membawakan topik pembahasan antara lain Literasi sebagai Gerakan Kebudayaan, Dampak Sosial-Ekonomi Layanan Perpustakaan, Pelayanan Perpustakaan Digital dan Generasi Milenial, dan Meningkatkan Akses Literasi untuk Kesejahteraan.

Selain menghadirkan narasumber yang kompeten, Seminar Nasional juga akan dimeriahkan dengan pameran dari para pengusaha mikro dan kecil binaan perpustakaan daerah sebagai wujud peran literasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(rls/fat)

DIBACA : 592 KLIK

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 081371554444 atau Email: redaksi.riausatu@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.

 
Minggu, 22 November 2015 - 12:38:32 WIB
Memalukan! Massa HMI Makassar Makan Tak Bayar Malah Main Ancam di RM Umega
Sabtu, 16 Juli 2016 - 17:06:21 WIB
Suku Bunga Lebih Murah, BRI Tawarkan Program BRIguna untuk PNS
Minggu, 11 Oktober 2015 - 12:26:15 WIB
Wuuih, Germo DN Pamer Cewek Cantik dan Seksi di Media Sosial
Minggu, 13 September 2015 - 20:27:52 WIB
Malang Nian Nasib Warga Pekanbaru
Gawat! Saat Bencana Asap, Besok PLN Matikan Lampu
Jumat, 28 Agustus 2015 - 21:21:45 WIB
Protes Enam Tersangka Lain Bebas Berkeliaran
Korupsi Dana Bansos Bengkalis, Jamal Minta Polisi Tahan Herliyan Saleh Dkk
Minggu, 17 Januari 2016 - 21:57:49 WIB
Juga Gratiskan BBNKB
Pemprov Riau Rencanakan Hapus Denda Pajak Kendaraan Bermotor
Minggu, 20 Maret 2016 - 16:08:36 WIB
Harga Gambir Melonjak 2 Kali Lipat Lebih, Petani Sumringah
Kamis, 06 Agustus 2015 - 20:41:49 WIB
Selama jadi Bupati Inhu, Yopi Arianto Sering Bermasalah dengan Hukum
Senin, 01 Februari 2016 - 08:42:09 WIB
Ssstt... Ini Dia Foto Pesta Bawah Tanah Gila-gilaan Pangeran Arab
Sabtu, 10 Oktober 2015 - 14:47:08 WIB
Kisah 'Anak-anak Asuh' Germo DN yang Bergelimang Kemewahan
Kamis, 30 Juli 2015 - 16:43:26 WIB
Biadab! Gara-gara Berita soal Moral, Bupati Inhu Tampar Wartawan Senior
Jumat, 09 Oktober 2015 - 21:29:07 WIB
Jokowi ke Kampar, Aksi ''Tangkap Jefry Noer'' Ricuh, Pendemo Pingsan Dipukuli
Selasa, 04 Agustus 2015 - 12:10:29 WIB
Ini Sosok Sopir Gojek Cantik yang Hebohkan Netizen
Minggu, 25 Oktober 2015 - 19:21:28 WIB
Tabrakan Beruntun di Jalan Dumai-Duri, 3 Tewas di Tempat
Jumat, 03 Agustus 2018 - 11:38:50 WIB
Advertorial
Bupati Wardan Minta Pejabat yang Tak Mampu Bekerja untuk Mundur
Index

Konten SPORT | POLITIK | HUKRIM | OTONOMI | NASIONAL | PERISTIWA | IPTEK | EKONOMI | OTOMOTIF | JENDELA | ADVERTORIAL | ROHIL | INHIL |
RIAU | DPRD PROV. RIAU
Management TENTANG KAMI | REDAKSI | PEDOMAN MEDIA SIBER | INFO IKLAN | DISCLAIMER | INDEX
Copyright © 2014 RiauSatu.Com, All Rights Reserved