Selasa, 11 / Desember / 2018
Menyimak Langkah Septina Primawati

| JENDELA
Senin, 24 Oktober 2016 - 21:12:07 WIB
PELANTIKAN dan pengambilan sumpah jabatan Dra Hj Septina Primawati MM sebagai Ketua DPRD Provinsi Riau yang dilakukan dalam sidang paripurna istimewa DPRD Riau di Pekanbaru, Senin (24/10/2016) pagi, menorehkan sejumlah catatan penting. Tak sebatas sentimen gender --karena Septina tercatat perempuan pertama yang memimpin DPRD Riau--, lebih dari itu: posisi sebagai ketua lembaga terhormat tersebut tak dengan lempang saja diduduki Septina.

Terlalu banyak fiksi, tarik-ulur, maju-mundur, yang tak jarang membuat pemikiran banyak orang lari pada satu kesimpulan: apa jadi Septina akan dikukuhkan sebagai Ketua DPRD Riau? Ketiadaan namanya di jajaran pengurus DPD I Partai Golkar Riau, merupakan persoalan lain yang ikut menghalangi langkah Septina untuk menuju kursi ketua.

Tidak kurang, kasus korupsi yang menimpa HM Rusli Zainal SE MP, yang tak lain adalah suami tercinta Septina, ikut meramaikan ''suara-suara sumbang'' terhadap Septina. Sebagaimana diketahui, oleh karena kasus korupsi yang dituduhkan padanya, Rusli Zainal yang mantan Gubernur Riau dua periode berturut-turut itu sampai sekarang masih ''berumah'' di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Pekanbaru.

''Disharmonisasi'' --diakui atau tidak-- antara Septina dan Ketua DPD I Partai Golkar Riau, Arsyadjuliandi Rachman yang juga menjabat Gubernur Riau, merupakan ''sisi tersendiri'' yang ikut mewarnai langkah politik Septina menjadi figur yang menduduki posisi tertinggi di jajaran legislatif tingkat Provinsi Riau.

Tapi semua riak dan dinamika itu, yang mewarnai hari-hari pemberitaan media massa lokal, berakhir hari ini menyusul dengan dilantik dan diambilnya sumpah jabatan Septina sebagai Ketua DPRD Riau. Septina dilantik dan diambil sumpah jabatannya sebagai Ketua DPRD Riau untuk menjadi PAW (pengganti antar waktu) Suparman, yang mundur sebagai Ketua DPRD Riau karena memilih ikut Pilkada Rokan Hulu-- belakangan Suparman juga ditahan KPK dalam kasus dugaan suap pengesahan RAPBD Riau.

Maka, catatlah ini: perempuan yang jarang dipercaya menduduki posisi-posisi strategis di Riau, baik di pemerintahan, legislatif, dan institusi formal dan non-formal lainnya, hari ini terjawab dengan dipercayakannya posisi ketua Parlemen Provinsi Riau kepada Septina; sosok perempuan yang banyak memberi warna ketika menjabat sebagai Ketua TP-PKK Riau, buat mendampingi suaminya yang menjalankan tugas dan fungsi sebagai Gubernur Riau, beberapa tahun lalu.

Dan menjabat sebagai Ketua DPRD Riau, yang hari ini resmi disandang oleh Septina, bukan langkah pertama yang ia ayunkan di kancah politik praktis. Beberapa tahun lalu, Septina --berpasangan dengan Erizal Muluk-- juga mempertaruhkan nasib bertarung di ajang Pilwako Pekanbaru, yang kemudian --melalui dua kali pemungutan suara menyusul putusan MK-- dikalahkan oleh pasangan Firdaus dan Ayat Cahyadi yang sampai saat ini masih memimpin ibukota Provinsi Riau itu.

Apakah peristiwa politik yang dialami Septina hari ini merupakan satu tahapan untuk menuju tujuan yang lebih besar lagi? Menuju kursi Riau 1 (baca: Gubernur Riau), satu misal?

Sesuatu prediksi yang tak berlebihan, sepertinya. Melirik track record, merujuk latar belakang (Septina puteri tokoh September Kelabu, Ismail Suko), ditambah dengan kemampuan akedemis yang tinggi dan pengalaman yang teruji, Septina bukanlah sosok yang ''kemarin-sore'' di panggung politik praktis, khususnya di Provinsi Riau.

Tapi nantilah soal itu, saat ini mari semua kita berbangga hati melihat lembaga seterhormat DPRD Provinsi Riau dipimpin oleh wanita berpendidikan tinggi, kalem, keibuan, penyayang, berpengalaman, penyantun, seperti kepribadian yang hari-hari dipertunjukkan oleh Septina.***

DIBACA : 2358 KLIK

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 081371554444 atau Email: redaksi.riausatu@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.

 
Minggu, 22 November 2015 - 12:38:32 WIB
Memalukan! Massa HMI Makassar Makan Tak Bayar Malah Main Ancam di RM Umega
Sabtu, 16 Juli 2016 - 17:06:21 WIB
Suku Bunga Lebih Murah, BRI Tawarkan Program BRIguna untuk PNS
Minggu, 11 Oktober 2015 - 12:26:15 WIB
Wuuih, Germo DN Pamer Cewek Cantik dan Seksi di Media Sosial
Minggu, 13 September 2015 - 20:27:52 WIB
Malang Nian Nasib Warga Pekanbaru
Gawat! Saat Bencana Asap, Besok PLN Matikan Lampu
Jumat, 28 Agustus 2015 - 21:21:45 WIB
Protes Enam Tersangka Lain Bebas Berkeliaran
Korupsi Dana Bansos Bengkalis, Jamal Minta Polisi Tahan Herliyan Saleh Dkk
Minggu, 17 Januari 2016 - 21:57:49 WIB
Juga Gratiskan BBNKB
Pemprov Riau Rencanakan Hapus Denda Pajak Kendaraan Bermotor
Minggu, 20 Maret 2016 - 16:08:36 WIB
Harga Gambir Melonjak 2 Kali Lipat Lebih, Petani Sumringah
Kamis, 06 Agustus 2015 - 20:41:49 WIB
Selama jadi Bupati Inhu, Yopi Arianto Sering Bermasalah dengan Hukum
Senin, 01 Februari 2016 - 08:42:09 WIB
Ssstt... Ini Dia Foto Pesta Bawah Tanah Gila-gilaan Pangeran Arab
Sabtu, 10 Oktober 2015 - 14:47:08 WIB
Kisah 'Anak-anak Asuh' Germo DN yang Bergelimang Kemewahan
Kamis, 30 Juli 2015 - 16:43:26 WIB
Biadab! Gara-gara Berita soal Moral, Bupati Inhu Tampar Wartawan Senior
Jumat, 09 Oktober 2015 - 21:29:07 WIB
Jokowi ke Kampar, Aksi ''Tangkap Jefry Noer'' Ricuh, Pendemo Pingsan Dipukuli
Selasa, 04 Agustus 2015 - 12:10:29 WIB
Ini Sosok Sopir Gojek Cantik yang Hebohkan Netizen
Minggu, 25 Oktober 2015 - 19:21:28 WIB
Tabrakan Beruntun di Jalan Dumai-Duri, 3 Tewas di Tempat
Jumat, 03 Agustus 2018 - 11:38:50 WIB
Advertorial
Bupati Wardan Minta Pejabat yang Tak Mampu Bekerja untuk Mundur
Index

Konten SPORT | POLITIK | HUKRIM | OTONOMI | NASIONAL | PERISTIWA | IPTEK | EKONOMI | OTOMOTIF | JENDELA | ADVERTORIAL | ROHIL | INHIL |
RIAU | DPRD PROV. RIAU
Management TENTANG KAMI | REDAKSI | PEDOMAN MEDIA SIBER | INFO IKLAN | DISCLAIMER | INDEX
Copyright © 2014 RiauSatu.Com, All Rights Reserved