Sabtu, 21 / 09 / 2019
Pemerintah Kota Pekanbaru
Dihadiri Mendagri, HUT Damkar, Satpol PP, dan Linmas diPekanbaru Berlangsung Semarak

| ADVERTORIAL
Kamis, 07 Maret 2019 - 15:29:22 WIB
PEKANBARu, RIAUSATU.COM - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bertindak sebagai Pembina Upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) ke- 100, Satpol PP ke-69, dan Satlinmas ke-57 Tingkat Nasional Tahun 2019, yang dipusatkan di Stadion Kaharudin Nasution Rumbai, Pekanbaru, Rabu (6/3/2019) pagi. Kegiatan itu tampak semarak karena diisi dengan penampilan sejumlah atraksi.

Usai memimpin upacara, Mendagri kepada warga menyatakan jika personel Damkar, Satpol PP, dan Linmas harus mampu terjun memberikan pelayanan yang cepat di tengah-tengah masyarakat. ''Kami ingin terus mengoptimalkan Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas untuk sepenuhnya melayani masyarakat,'' ujarnya. 

Termasuk dalam pelaksaan Pemilu 2019, kata Mendagri, Damkar, Satpol PP serta Satlinmas yang merupakan instansi di bawah kendali Kemendagri harus ikut andil menyukseskan pemilu dengan menjalin koordinasi bersama pihak kepolisian. ''Salah satunya dalam menjaga TPS (Tempat Pemungutan Suara) dan kantor KPU (Komisi Pemilihan Umum),'' harap Tjahjo.

Ke depannya, terang Mendagri Tjahjo, fungsi melayani masyarakat tidak semata-mata pada aspek perizinan saja tapi juga aspek regulasi termasuk fungsi-fungsi yang dibutuhkan termasuk Damkar, Satpol PP, dan Linmas. ''Meski begitu, Damkar tetap di bawah pemerintah daerah,'' sebutnya.

Sebelumnya, dalam sambutannya, Mendagri mengajak seluruh jajaran Damkar, Satpol PP dan Satlinmas agar tidak hanya menjadikan  peringatan hari ulang tahun ini sebagai forum untuk mengenang jasa masa lalu.

Namun, lebih dari itu, upacara ini harus bisa dijadikan sarana untuk meneruskan semangat juang, dedikasi, dan pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat, serta kebulatan tekad dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.  

''Pemadam Kebakaran, Satpol PP, dan Satlinmas bukan hanya penjaga kota yang bertindak pasif, tetapi lebih dari itu, berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan, dan memberikan perlindungan masyarakat,'' ujar Tjahjo.
       
Lebih lanjut, ketiga OPD (Organisasi Perangkat Daerah) itu juga diharapkan ikut terlibat aktif dalam menyukseskan agenda preoritas nasional dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

''Tugas Damkar melakukan pencegahan, pengendalian kebakaran dan penyelamatan. Satpol PP dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada dan Satlinmas secara khusus disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat,'' kata Mendagri Tjahjo Kumolo.

Selain dihadiri Gubernur Riau Syamsuar, ribuan orang memadati stadion yang berada di Rumbai. Mereka yang hadir berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mewakili 34 provinsi yang ada di nusantara. Para hadirin mengenakan seragam Damkar dan Satpol PP dan atribut lengkap. Ada juga terlihat pasukan satlinmas di barisan peserta upacara.

Satu persatu atraksi silih berganti memukau para hadirin yang berasal dari sejumlah daerah di Indonesia. Ada 250 orang praja Satpol PP Pekanbaru menampilkan sejumlah atraksi. Mereka unjuk kebolehan pencak silat, yong modo, jiujitsu, kempo, tinju, dan karate.

Ada juga yang menampilkan atraksi memecahkan sejumlah material. Mereka memecahkan material seperti genteng, batako hingga membuat kawat besi bengkok dengan leher. Ada juga yang mematahkan kawat baja dengan kelingking. Mereka juga melakukan lompatan harimau. Para personel Satpol PP melompat di antara lingkaran api. Adegan itu membuat suasana sempat tegang.

Para personel ternyata sudah mendapat pembekalan. Kasatpol PP Pekanbaru, Agus Pramono menyebut bahwa ratusan personel Satpol PP Pekanbaru sudah berlatih untuk tampil dalam kegiatan ini. Mereka berlatih selama hampir dua bulan. "Latihannya sekitar 1,5 bulan," ungkapnya.

Atraksi lain yang memukau hadirin adalah atraksi terbang layang mengibarkan bendera Satpol PP. Ada juga atraksi marching band dari Gita Praja Karya. Mereka membawakan sejumlah lagu dari beberapa daerah di nusantara.

Para personel damkar juga tidak ketinggalan. Mereka menampilkan atraksi senam nozel dan senam perahu. Atraksi ini seiring pancuran air dari sejumlah unit mobil pemadam. Para personel damkar juga sudah mempersiapkan diri untuk tampail. Selain bersiap untuk skill competition," terang Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Pekanbaru, Burhan Gurning.

Perwakilan Satpol PP dan Damkar seluruh Indonesia kagum dengan aneka atraksi tersebut. Kepala Satpol PP Kabupaten Mamuju, Adnan Rasyid menyebut bahwa kegiatan kali ini cukup meriah. Ia menilai aneka atraksi menambah semarak HUT kali ini. ''Sangat meriah peringatan HUT kali ini. Semoga korps Satpol PP, Damkar dan Satlinmas makin jaya,'' ujarnya.

Walikota Senang
Pekanbaru menjadi tuan rumah kegiatan berskala nasional rangkaian HUT ke-100, HUT Satpol PP ke-69 dan HUT Linmas ke-57. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai perwakilan Damkar, Satpol PP, dan Linmas seluruh Indonesia.

Menanggapi hal itu, Walikota Pekanbaru, Firdaus MT yang menghadiri acara mengaku gembira karena Pekanbaru menjadi tuan rumah. ''Sangat senang karena banyak tamu dari sejumlah daerah di nusantara hadir dalam ajang ini. Apalagi, kita dapat kehormatan Pak Menteri datang memimpin langsung upacara,'' terangnya.

Sejumlah kegiatan sudah digelar dalam rangkaian HUT Damkar, HUT Satpol PP, dan HUT Satlinmas. Di antaranya jalan sehat di arena Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) dan skill competition personel Damkar. Kegiatan lainnya juga digelar berupa Rakornas Damkar, Satpol PP dan Satlinmas hingga bazar di areal Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai, Pekanbaru. (adv/hms)

DIBACA : 726 KLIK

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 081371554444 atau Email: redaksi.riausatu@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.

 
Index

Konten SPORT | POLITIK | HUKRIM | OTONOMI | NASIONAL | PERISTIWA | IPTEK | EKONOMI | OTOMOTIF | JENDELA | ADVERTORIAL | ROHIL | INHIL |
RIAU | DPRD PROV. RIAU
Management TENTANG KAMI | REDAKSI | PEDOMAN MEDIA SIBER | INFO IKLAN | DISCLAIMER | INDEX
Copyright © 2014 RiauSatu.Com, All Rights Reserved