Sabtu, 23 / Maret / 2019
DPRD Rokan Hulu
Pembukaan Masa Sidang I, Hasil Reses Dewan Rata-Rata Minta Infrastruktur dan Listrik

| ADVERTORIAL
Jumat, 02 September 2016 - 12:32:20 WIB
PASIRPENGARAIAN, RIAUSATU.COM - Setelah melakukan reses untuk menyerap aspirasi masyarakat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rokan Hulu (Rohul) kembali menggelar Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang I sekaligus Penyampaian Hasil Reses Masa Sidang III, di Ruang Paripurna DPRD Rohul Pasir Pengaraian, Kamis (1/9/2016).

Dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang I yang dipimpin Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH dan didampingi Wakil Ketua DPRD Abdul Muas itu dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan Juni Syafrin, Sekretaris Dewan Drs Sariaman MSi, 23 anggota DPRD yang hadir, Kepala Dinas, Kepala Badan, dan Kantor di lingkungan Pemkab Rohul.

Pada kesempatan itu, Sekwan DPRD Rohul Sariaman menyampaikan kompilasi surat masuk sejak bulan Mei hingga Agustus pada masa sidang III untuk menyerap aspirasi masyarakat melalui surat yang diterima Setwan DPRD Rohul. Sariaman menjelaskan, selama periode Mei hingga Agustus, Setwan DPRD Rohul telah menerima surat sebanyak 179 dan surat keluar 179. Dia mengakui beberapa dari surat masuk itu terdiri dari CV. Pijar Usaha, Perusda Rokan Hulu Jaya, dan CV. Mahkota Mutiara terkait dengan klarifikasi tunda bayar.

Selanjutnya, penyampaian hasil reses yang merupakan kewajiban DPRD baik perseorangan maupun kelompok sesuai dengan Undang-Undang Nomor 27 Tahun  2009 tentang MD3 dalam rangka melaksnakan fungsi menyerap aspirasi masyarakat, mengunjungi daerah pemilihannya, membuat laporan tertulis untuk disampaikan pada masa sidang.

Untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 1 yang terdiri dari Kecamatan Rambah Samo, Bangun Purba, dan Rambah yang disampaikan juru bicaranya Emelyadi. Dia mengakui selama melakukan masa reses di Dapil I yang menjadi aspirasi masyarakat tentang peningkatan infrastruktur, jalan, jembatan, pendidikan, penerangan, seminisasi, pembangunan drainase, pengaspalan jalan, pembangunan rumah layak huni, pagar makam, penyuluhan hukum, tambah RKB, pembangunan listrik dan pembukaan lapangan pekerjaan, peningkatan ekonomi kemasyarakatan. Sebab aspirasi tersebut memang menjadi kebutuhan masyarakat.

Kemudian pembacaan Lapaoran Hasil Reses pada masa sidang III tahun 2016 Dapil II (Tambusai dan Tambusai Utara) dibacakan oleh jubirnya Syahril Topan. Dia mengatakan selama melaksanakan masa reses telah melakukan dialog dan tatap muka langsung dengan masyarakat. Yang menjadi aspirasi masyarakat di Dapil II yaitu permasalahan tentang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan penerangan listrik.

Syahril Topan mengakui, setelah lima kali melakukan reses tapi tidak pernah terealisasi. Salah satunya sulitnya masyarakat mengurus Kartu Indonesia Sehat (KIS) di mana sampai hari ini belum terealisasi, Rekam e-KTP. Lebih ironisnya lagi, Desa Mahato yang merupakan Desa yang terluas di Rohul belum tersentuh pembangunan, bahkan masyarakat Mahato melakukan pembangunan secara swadaya.

Selanjutnya Pembacaan Hasil Reses dari Dapil III dibacakan oleh Jubir Dapil III (Kepenuhan, Kepenuhan Hulu, Bonai Darussalam, Kunto Darussalam, dan Pagaran Tapah Darussalam) disampaikan Yon Maryono SH. Aspirasi yang ditampung selama masa reses di Dapil III, masyarakat memninta peningkatan infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan.

Sedangkan Dapil IV (Kecamatan Kabun, Tandun, Ujung Batu, Rokan IV Koto, dan Pendalian IV Koto) yang dibacakan oleh jubirnya Nono Patria Pratama menyampaikan yang menjai aspirasi masyarakat Rokan IV Koto untuk penyederhanaan adminitrasi untuk kemudahan masyarakat berobat, sehingga tidak perlu lagi masyarakat melakukan rujukan di Kecamatan Rokan IV Koto yang jaraknya sangat jauh. Selain itu yang menjadi aspirasi masyarakat di Dapil IV antara lain pembangunan infrastruktur, kesehatan, pendidikan, wisata, dan listrik.

Usai rapat paripurna, Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH mengakui selama hasil reses yang dilakukan oleh anggota DPRD, Pemerintah selalu tidak menganggap bagian daripada yang harus diperhatikan, sementara yang berhubungan langsung kepada masyarakat itu 45 anggota DPRD yang mewakili masing-masing Dapil.

''Besar harapan kami dari DPRD apa yang telah menjadi keinginan masyarakat ditunaikan oleh pemerintah, tapi pada kenyataannya komitmen pemerintah sendiri untuk membangun Rokan Hulu ini tidak ada, khususnya kepada SKPD yang serapan anggarannya masih rendah. Jadi, kami berharap hasil reses kali ini direalisasi,'' tegasnya. (hen)

DIBACA : 2788 KLIK

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 081371554444 atau Email: redaksi.riausatu@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.

 
Minggu, 22 November 2015 - 12:38:32 WIB
Memalukan! Massa HMI Makassar Makan Tak Bayar Malah Main Ancam di RM Umega
Sabtu, 16 Juli 2016 - 17:06:21 WIB
Suku Bunga Lebih Murah, BRI Tawarkan Program BRIguna untuk PNS
Minggu, 11 Oktober 2015 - 12:26:15 WIB
Wuuih, Germo DN Pamer Cewek Cantik dan Seksi di Media Sosial
Minggu, 13 September 2015 - 20:27:52 WIB
Malang Nian Nasib Warga Pekanbaru
Gawat! Saat Bencana Asap, Besok PLN Matikan Lampu
Jumat, 28 Agustus 2015 - 21:21:45 WIB
Protes Enam Tersangka Lain Bebas Berkeliaran
Korupsi Dana Bansos Bengkalis, Jamal Minta Polisi Tahan Herliyan Saleh Dkk
Minggu, 17 Januari 2016 - 21:57:49 WIB
Juga Gratiskan BBNKB
Pemprov Riau Rencanakan Hapus Denda Pajak Kendaraan Bermotor
Minggu, 20 Maret 2016 - 16:08:36 WIB
Harga Gambir Melonjak 2 Kali Lipat Lebih, Petani Sumringah
Senin, 01 Februari 2016 - 08:42:09 WIB
Ssstt... Ini Dia Foto Pesta Bawah Tanah Gila-gilaan Pangeran Arab
Kamis, 06 Agustus 2015 - 20:41:49 WIB
Selama jadi Bupati Inhu, Yopi Arianto Sering Bermasalah dengan Hukum
Sabtu, 10 Oktober 2015 - 14:47:08 WIB
Kisah 'Anak-anak Asuh' Germo DN yang Bergelimang Kemewahan
Kamis, 30 Juli 2015 - 16:43:26 WIB
Biadab! Gara-gara Berita soal Moral, Bupati Inhu Tampar Wartawan Senior
Jumat, 09 Oktober 2015 - 21:29:07 WIB
Jokowi ke Kampar, Aksi ''Tangkap Jefry Noer'' Ricuh, Pendemo Pingsan Dipukuli
Minggu, 25 Oktober 2015 - 19:21:28 WIB
Tabrakan Beruntun di Jalan Dumai-Duri, 3 Tewas di Tempat
Selasa, 04 Agustus 2015 - 12:10:29 WIB
Ini Sosok Sopir Gojek Cantik yang Hebohkan Netizen
Jumat, 03 Agustus 2018 - 11:38:50 WIB
Advertorial
Bupati Wardan Minta Pejabat yang Tak Mampu Bekerja untuk Mundur
Index

Konten SPORT | POLITIK | HUKRIM | OTONOMI | NASIONAL | PERISTIWA | IPTEK | EKONOMI | OTOMOTIF | JENDELA | ADVERTORIAL | ROHIL | INHIL |
RIAU | DPRD PROV. RIAU
Management TENTANG KAMI | REDAKSI | PEDOMAN MEDIA SIBER | INFO IKLAN | DISCLAIMER | INDEX
Copyright © 2014 RiauSatu.Com, All Rights Reserved