Sabtu, 26 / Mei / 2018
Kepala Bappeda Riau, Rahmad Rahim:
'Roh' Bankeu Membantu Pencapaian Target Provinsi yang Telah Digariskan di RPJMD

| PEMPROV. RIAU
Rabu, 02 Mei 2018 - 13:50:50 WIB
PEKANBARU, RIAUSATU.COM - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Riau Rahmad Rahim meminta semua pihak di daerah ini untuk memahami substansi dari pemberian bantuan keuangan (bankeu) yang diambilkan dari APBD Provinsi Riau setiap tahun anggaran untuk 12 kabupaten/kota yang ada di Riau.

''Dengan pemahaman yang sama, dipastikan tidak akan terjadi salah persepsi,'' kata Rahmad di kantornya, Rabu (2/5/2018). Rahmad menyebut setidaknya ada dua dasar berpijak pemprov menyerahkan bankeu untuk kabupaten/kota tertentu, yaitu suatu pekerjaan yang menjadi tugas pemprov, tapi dalam pelaksanaannya bukan menjadi wewenang pemprov. Dasar lainnya, bankeu diserahkan ke kabupaten/kota setelah pemprov berhasil menuntaskan semua beban tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

Rahmad mengatakan hal itu untuk menanggapi keluhan seorang kepala daerah kabupaten di Riau, yang menyatakan daerahnya tidak mendapat bankeu khusus dari Pemprov Riau di tahun anggaran yang sedang berjalan. ''Tahun 2018 ini kami tidak mendapatkan Bankeu khusus tersebut,'' kata kepala daerah dimaksud, seperti dilansir sebuah harian lokal.

Dijelaskan Rahmad, pemberian bankeu didasarkan antara lain adalah suatu pekerjaan yang menjadi tugas pemprov, tapi dalam pelaksanaannya bukan menjadi wewenang pemprov karena pemprov tidak memiliki wilayah. ''Artinya, pencapaian target-target yang menjadi beban provinsi, tapi tidak menjadi wewenang provinsi untuk melakukannya, melainkan merupakan kewenangan pemerintah kabupaten/kota,'' imbuh Rahmad.

''Itu dasar utama pemprov menyalurkan bankeu ke pemkab/pemkot, tapi pelaksanaan kegiatan yang didanai oleh Bankeu dari pemprov itu bukan menjadi bagian target dari pemkab/pemkot,'' tandasnya. Dengan kata lain, dijelaskan Rahmad, ''roh'' Bankeu adalah membantu pemprov dalam mencapai target-target yang sudah digariskan dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Riau 2014-2019.

Dengan penyerahan Bankeu kepada pemkab/pemkot, imbuh Rahmad, diharapkan akan tercapai percepatan indikator program-program pembangunan yang telah digariskan pemprov di RPJMD. Ia memisalnya upaya menekan angka kemiskinan. Bila suatu kawasan di kabupaten/kota tertentu angka kemiskinan tergolong tinggi, maka pemprov turun tangan untuk ikut menekan angka kemiskinan di kawasan itu. ''Didanai melalui Bankeu, yang hendak dicapai adalah indikator-indikator yang ada di RPJMD provinsi.''

Sejalan dengan itu, sambung Rahmad, masing-masing kabupaten/kota juga punya target-target tersendiri, yang tertuang dalam RPJMD di masing-masing daerah. ''Sumber dana untuk mencapai target-target pemkab/pemkot itu adalah APBD di masing-masing daerah,'' terangnya.

Selain itu, papar Rahmad, sebuah usulan yang diajukan pemkab/pemkot ke Pemprov Riau untuk mendapatkan Bankeu dari APBD Riau juga mesti melalui mekanisme tertentu. ''Tidak cukup hanya lewat proposal saja,'' tandas mantan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau itu.

Selain proposal, kata Rahmad, usulan mendapatkan Bankeu juga mesti dilengkapi rencana induk pembangunan, master plan, dan DED (detail engineering design). ''Tapi ketika diminta ke kabupaten soal rencak induk pembangunan, master plan, dan DED, mereka mengaku belum bisa menyerahkan karena memang belum disusun.''

''Apalagi untuk usulan yang bersifat spesifik, seperti membangun jaringan kereta api, selain melengkapi persyaratan administratif sebagaimana yang disebutkan di atas, juga mesti berkoordinasi dengan jajaran terkait, dalam hal ini Dinas Perhubungan,’’ katanya.

Tambahan dalam RPJMD Riau 2014-2019 tidak ada apa yang disebut dengan pembangunan jaringan kereta api. Berbeda dengan pembangunan jalan yang begitu selesai dibangun akan langsung dinikmati sekian banyak masyarakat, pembangunan jalur kereta api masih memerlukan studi yang mendalam, terutama sejauh mana keberadaan proyek dimaksud memberi manfaat yang luas bagi masyarakat dan kepentingan daerah,'' terang Rahmad. (dri)
DIBACA : 64 KLIK

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 081371554444 atau Email: redaksi.riausatu@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.

 
Minggu, 22 November 2015 - 12:38:32 WIB
Memalukan! Massa HMI Makassar Makan Tak Bayar Malah Main Ancam di RM Umega
Sabtu, 16 Juli 2016 - 17:06:21 WIB
Suku Bunga Lebih Murah, BRI Tawarkan Program BRIguna untuk PNS
Minggu, 11 Oktober 2015 - 12:26:15 WIB
Wuuih, Germo DN Pamer Cewek Cantik dan Seksi di Media Sosial
Minggu, 13 September 2015 - 20:27:52 WIB
Malang Nian Nasib Warga Pekanbaru
Gawat! Saat Bencana Asap, Besok PLN Matikan Lampu
Jumat, 28 Agustus 2015 - 21:21:45 WIB
Protes Enam Tersangka Lain Bebas Berkeliaran
Korupsi Dana Bansos Bengkalis, Jamal Minta Polisi Tahan Herliyan Saleh Dkk
Minggu, 17 Januari 2016 - 21:57:49 WIB
Juga Gratiskan BBNKB
Pemprov Riau Rencanakan Hapus Denda Pajak Kendaraan Bermotor
Minggu, 20 Maret 2016 - 16:08:36 WIB
Harga Gambir Melonjak 2 Kali Lipat Lebih, Petani Sumringah
Kamis, 06 Agustus 2015 - 20:41:49 WIB
Selama jadi Bupati Inhu, Yopi Arianto Sering Bermasalah dengan Hukum
Senin, 01 Februari 2016 - 08:42:09 WIB
Ssstt... Ini Dia Foto Pesta Bawah Tanah Gila-gilaan Pangeran Arab
Sabtu, 10 Oktober 2015 - 14:47:08 WIB
Kisah 'Anak-anak Asuh' Germo DN yang Bergelimang Kemewahan
Kamis, 30 Juli 2015 - 16:43:26 WIB
Biadab! Gara-gara Berita soal Moral, Bupati Inhu Tampar Wartawan Senior
Jumat, 09 Oktober 2015 - 21:29:07 WIB
Jokowi ke Kampar, Aksi ''Tangkap Jefry Noer'' Ricuh, Pendemo Pingsan Dipukuli
Selasa, 04 Agustus 2015 - 12:10:29 WIB
Ini Sosok Sopir Gojek Cantik yang Hebohkan Netizen
Minggu, 25 Oktober 2015 - 19:21:28 WIB
Tabrakan Beruntun di Jalan Dumai-Duri, 3 Tewas di Tempat
Jumat, 16 Oktober 2015 - 15:55:17 WIB
Perkantoran Tenayan Raya; Merangkai Pemerataan di Negeri Kota Bertuah
Index

Konten SPORT | POLITIK | HUKRIM | OTONOMI | NASIONAL | PERISTIWA | IPTEK | EKONOMI | OTOMOTIF | JENDELA | ADVERTORIAL | ROHIL | INHIL |
RIAU | DPRD PROV. RIAU
Management TENTANG KAMI | REDAKSI | PEDOMAN MEDIA SIBER | INFO IKLAN | DISCLAIMER | INDEX
Copyright © 2014 RiauSatu.Com, All Rights Reserved